Mengapa Buddha Sakyamuni khusus memperkenalkan pada kita Ajaran Sukhavati?
Mengapa Buddha Sakyamuni khusus memperkenalkan pada kita Ajaran Sukhavati?
Jika kita mengatakan bahwa kita takkan mengulangi kesalahan lagi, sesungguhnya kita sendiri juga tidak bisa menjaminnya, tanpa sadar kita kembali melakukannya lagi. Mengapa demikian? Tabiat yang terlalu berat, sudah lama berputar-putar di enam alam tumimbal lahir, ternoda oleh banyak tabiat jelek, tabiat inilah yang sedang menuntun dirimu, di dalam Buddha Dharma tabiat ini disebut Mara.
Di dalam “Sutra Delapan Besar Pencerahan Manusia” disebutkan ada 4 jenis Mara, diantara 4 jenis Mara ini yang paling menakutkan adalah “Mara Lima Skandha”, semuanya berasal dari diri kita sendiri.
Apa yang dimaksud dengan Panca Skandha? Tubuh kita ini, perpaduan rupa, perasaan (vedana), pencerapan (sanna), bentuk-bentuk pikiran (sankhara) dan kesadaran (vijnana) membentuk tubuh jasmani ini. Rupa adalah raga kita, perasaan adalah perasaan kita, di dalam dirimu, benih tabiat yang ada di dalam Alayavijnana akan membuat dirimu timbul perasaan suka dan duka, kondisi di luar, hubungan antar manusia, lingkungan interaksi, juga dapat membuat dirimu menjadi senang atau sedih. Semua perasaan ini akan membuat dirimu bereaksi, yang sesuai dengan keinginanmu akan membuatmu senang, dan melekat padanya, sebaliknya yang tidak sesuai dengan keinginan hatimu maka akan menimbulkan kebencian, inilah yang disebut dengan menciptakan karma, semua ini tidak mampu anda kendalikan.
Setiap niat pikiran yang timbul menciptakan karma, jiwa raga menciptakannya lagi, maka kekuatan karma ini akan semakin besar. Maka itu, untuk keluar dari lingkaran tumimbal lahir merupakan sesuatu yang amat sulit! Pada umumnya, manusia ingin keluar dari lingkaran tumimbal lahir, namun dia tidak mampu menwujudkannya.
Buddha Dharma mengajari kita untuk melatih diri, memutuskan noda pikiran, ketika anda telah mampu melenyapkan semua keraguan, barulah anda dapat melangkah ke dalam pintu Dharma. Ini barulah langkah awal memasuki pintu Dharma, sebagian dari kita tidak mungkin dapat melakukannya, langkah selanjutnya tak perlu dibahas lagi.
Untuk mengakhiri tumimbal lahir harus memutuskan semua noda pikiran (kilesa) sampai ke akar-akarnya, yang biasa kita sebut dengan tingkatan Arahat. Maka itu hal ini amatlah sukar.
Oleh karena kenyataan inilah, maka Buddha Sakyamuni memperkenalkan pada kita Pintu Dharma Tanah Suci, memperkenalkan pada kita Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, barulah kita memiliki kesempatan untuk terselamatkan. Mengapa demikian?
Kita dapat membawa serta karma kita terlahir ke Alam Sukhavati, walaupun noda pikiran dan tabiat kita belum lenyap, kita juga dapat terlahir ke sana, jasa kebajikan ini sungguh tak terbayangkan!
Namun Buddha juga menjelaskan bahwa kita boleh membawa serta karma kita ke sana, tetapi anda harus mampu mengendalikannya, tidak perlu memutuskannya, namun harus dapat mengendalikannya, jadi kita membawa karma lama bukan karma yang dilakukan sekarang.
Jika saat ini anda masih menciptakan karma, maka anda tak dapat membawanya ke Alam Sukhavati, yang dapat dibawa adalah karma yang dilakukan sebelumnya, yang dilakukan kemarin masih boleh dibawa, yang hari ini tidak dapat dibawa. Maka itu hari ini saya takkan menciptakan karma lagi.
Tetapi walaupun kita tidak menciptakan karma, namun niat pikiran itu masih ada. Ajaran Sukhavati memiliki cara yang menakjubkan, untuk mengajari anda menciptakan karma suci dengan melafal Amituofo. Selain Buddha Amitabha, tidak ada hal yang lain di benak anda lagi, cara ini sungguh efektif dan setiap insan dapat melakukannya, setiap orang memenuhi syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati.
Petikan Ceramah Master Chin Kung 22 Agustus 2011
世尊为什么为我们特别介绍净土法门?
说自己再不干了,自己没有把握,不知不觉他又干了。这什么原因?习气太重,在六道里头住的时间太长,染上许许多多不良的习气,这些习气在操纵你,这个习气佛法里头称它作魔。《八大人觉经》讲四种魔,四种魔里头最麻烦的是五阴魔,完全是自己。五阴是什么?这个身体,色受想行识成就这个身体。色是肉身,受是你有感受,内里面,阿赖耶识里头的业习种子会让你有苦乐的感受,外面的境界,人事境界、物质环境的境界,都能够让你生起苦乐忧喜的感受。这些感受你会有反应,顺你心的就生欢喜、贪恋,不顺心的就起怨恨,这就造业了,是你自己无法控制的。
起心动念就在造业,身心再去造作,那个业的力量就更大了。所以,出离六道轮回是多么难!在一般来讲,人想脱离六道轮回,他做不到。佛法叫你修行,叫你断烦恼,三界八十八品见惑断尽,你才入门。就这个入门,我们现在一般人一生做不到,后面就不必说了。必须见思烦恼断尽,你才能超越轮回,见思烦恼断尽是阿罗汉。《华严经》这是大乘,大乘十信位的菩萨到第七信才脱离六道轮回,六信还在色界天修行,还出不去。你说这个事情多难!
正因为这个事实,世尊为我们特别介绍净土法门,介绍阿弥陀佛极乐世界,我们这才有救。为什么?极乐世界有带业往生,我们的烦恼习气没断都能去,一品都没有断也能去,这个功德利益不可思议!可是佛说得很清楚,可以带业,但是这个业一定你要能把它控制住,不需要断,但是一定要能控制,这就是说只带旧业,不带现行。你现在还在造作,这个带不了,过去造的,昨天造的,可以带,今天造的不能带。所以今天,今天我不造了,行,今天不造可以。可是不造不行,念头不会断。净宗有个妙法,叫你造什么业?造阿弥陀佛的业。你就想阿弥陀佛,你就念阿弥陀佛,阿弥陀佛之外什么都不想、什么都不念,这个方法就行。这个方法真的人人都能做得到,人人都有条件往生极乐世界。
文摘恭录—净土大经解演义(第五五三集)2011/8/22 檔名:02-039-0553
Sumber:Cahaya Sukacita
Komentar
Posting Komentar